Peer Review Jurnal "Keputusan Promosi Efektif dengan Metode Oreste Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi"

research
  • 30 Mar
  • 2022

Peer Review Jurnal "Keputusan Promosi Efektif dengan Metode Oreste Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi"

Wedding Organizer merupakan bidang usaha jasa untuk mempersiapkan acara pernikahan. Sejak pendiriannya tahun 2015 sampai dengan 2020, Wedding Organizer di Sukabumi dengan brand Gosimplywedding melakukan beberapa metode penjualan untuk mendapatkan client, di antaranya dengan cara Canvassing, Online Social Media, Internal Marketing, Marcomm Development, dan Offline Show. Sistem Pendukung Keputusan yang diperlukan oleh manajemen dengan Metode Oreste FMADM, agar dapat menemukan alternatif optimal dari sejumlah metode yang telah digunakan. Hasil dari perhitungan data penjualan Gosimplywedding dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020 dihasilkan metode dengan Online Social media menempati urutan rangking pertama dengan nilai 16 yang merupakan nilai terkecil perangkingan. Metode ini dinilai paling efektif dan paling menghasilkan penjualan brand sehingga dapat dijadikan pengambilan keputusan oleh manajemen untuk tahun berikutnya.

Unduhan

 

REFERENSI

Alwendi, Alwendi, and Dasril Aldo. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Toko Handphone Terbaik Di Kota Padangsidimpuan Menggunakan Metode Oreste.” Jursima 8(1):10. doi: 10.47024/js.v8i1.190. Astiani, Nella, Desi Andreswari, and Yudi Setiawan. 2016. “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Tanaman Obat Herbal Untuk Berbagai Penyakit Dengan Metode ORC Dan Metode Oreste Berbasis Mobil Web.” Skripsi 12(2):125–40. Hermawan, Ludwika Dendy, and Mahmud Imrona. 2014. “Implementasi Metode Entropy Dan Oreste Pada Rekruitasi.” E-Proceeding of Engineering 1(1):711–18. Lubis, Mardiyah. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kader Kesehatan Puskesmas Mandala Kecamatan Medan Tembung Dengan Menggunakan Metode Oreste.” 1(4):246–53. Muhammad, Muhammad, and Yahdi Kusnadi. 2017. “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Paket Pernikahan Dan Preweding Berbasis Web.” Jurnal Teknologi Informatika & Komputer 4(2):68–76. Octavia, Ayu. 2019. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mutasi Karyawan Dengan Menggunakan Metode Oreste (Studi Kasus: PDAM Tirta Deli Kab. Deli Serdang).” Jurnal Riset Komputer (JURIKOM) 6(6):570–74. Panggabean, Erwin. 2015. “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Perumahan Ideal Menggunakan Metode Fuzzy Simple Additive Weighting.” Jurnal Times IV(1):12–17. Prayudi, Dicki, and Resti Yulistria. 2020. “Penggunaan Matriks SWOT Dan Metode QSPM Pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus Pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi.” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship 9(2):225. doi: 10.30588/jmp.v9i2.516. Purwadi, Widiarti, Maya Rista, and Ahmad Calam. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemasangan Lokasi Strategis Wifi.Id Pada Telkom (Studi Kasus Pada Pemsangan Wifi.Id Di Beberapa Lokasi Medan Menggunakan Metode Oreste.” Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer 19(1):110–21. Sianturi, Fricles Ariwisanto, Bosker Sinaga, and Paska Marto Hasugian. 2018. “Fuzzy Multiple Attribute Decisison Macking Dengan Metode Oreste Untuk Menentukan Lokasi Promosi.” Journal Of Informatic Pelita Nusantara 3(1):63–68. Supriyadi, and Garuda Ginting. 2019. “Fuzzy Multiple Attribute Decision Macking ( FMADM ) Berdasarkan Metode Oreste Untuk Menentukan Lokasi Promosi ( Studi Kasus : STMIK Budi Darma Medan ).” Jurnal Pelita Informatika 8:292–97. Widaningrum, Ida. 2013. “Evaluasi Kinerja Dosen Menggunakan Metode Fuzzy Multi-Attribute Decision Making ( Fmadm ) Dengan Pengembangan ( Studi Kasus : Universitas Muhammadiyah Ponorogo ).” Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2013 STMIK AMIKOM. Yogyakarta 61–66